03 November 2007

belajar kanji sendiri yuk...

pengen punya mainan kanji?

karena banyak yang bahas tentang belajar kanji, saia jadi ingat KANJI GOLD. mainan saia pas jaman kuliah dulu. versi terakhir adalah versi 210, tahun 2004, tapi masih bagus kok ^^

kanji gold berisi flash card. artinya ada tampilan karakter kanji dengan keterangan tertentu yang akan muncul jika diaktifkan. makanya kanji gold ini mirip semacam kartu bertuliskan kanji elektronik yang dipakai buat ngafalin kanji, cara baca, plus artinya (lagi2 dlm bhs inggris T_T i hate english, demo tsukawanai to ya na ^o^)

DOWNLOAD KANJI GOLD DISINI



langkah2 untuk meng-install kanji gold itu begini:
1. download file instalasi nya di atas.
2. kalo udah klik 2 kali file bernama kgold210.exe, lakukan instal, trus udah deh, di lauch.

cara pakainya juga gampang.

ada banyak cara penggunaan kanji gold, silakan diutak-atik sendiri (males nulisnya muncul lagi T_T) yang jelas yangpaling saia suka adalah flash cardnya, bisa buat tebak2an.

ketika kita pertama kali membuka aplikasi ini maka akan muncul jendela kayak di atas itu, kanji yang ada latar belakangnya hijau adalah kanji yang harus kita tebak arti / cara bacanya. di bawahnya ada beberapa pilihan.

paling atas adalah EIGO / bahasa inggris, artinya pilihan di bawahnya berupa artinya dalam bahasa inggris.

dari 5 arti bahasa inggris itu kamu diharuskan milih salah satu yang paling tepat, klik aja pas kotak abu2 itu.

kalo bener akan muncul kanji selanjutnya, kalo salah maka kanji akan ditarik ke kanan dan muncul dengan latar belakang kuning.

intinya kayak gitu deh, gampang pokoknya, lagian di kanji gold ada grade tingkatannya 1-6 (dulu) pilih aja level 1 buat pemanasan, trus naik ke 2, 3 dst.

kalo kamu bosen dengan urutannya, bisa di acak kok. pake menu OPTIONS >> RAMDOMIZE udah deh, kanji di grade 1 misalnya, urutannya jadi acak, lebih menantang.. halah...

yang jelas kanji gold bisa diutak2, gimana enaknya aja biar kita bisa cepet hafal banyak kanji (bisa nge-cheat juga kok)

fasilitas lain yang juga bisa dimunculkan adalah cara baca hiragana (dengan meng-klik button HI hiragana) dan satu lagi compound (klik huruf C warna biru). compound merupakan gabungan dari kanji utama yang muncul + kanji lain yang artinya bisa masih serumpun, atau kadang sama sekali beda.

ada juga fasilitas POP KANJI di menu bagian atas, untuk memunculkan pop up kanji berikut cara baca / artinya. keren kan ya^^ walopun tampilan aplikasi ini sederhana dan pas-pasan, tapi kanji gold berisi sekitar 6000 huruf, kanji berikut lebih dari 40.000 gabungan kanjinya. wah kalo bisa baca itu semua, udah lulus level 1 nihongo nouryokushiken tu. JLPT kan level 1 cuma harus ngafalin 2000 buah kanji. cuma 2000 hehe.

sebagai bahan rujukan aja, website asli dari kanji gold adalah http://web.uvic.ca/kanji-gold/

berikut adalah beberapa paragraf yang saia ambil dari sana.

Kanji Gold is a flash card programme that has all the JooYoo Kanji arranged in levels according to the Japanese school system. There are several ways you can use the flash cards. For example you can either choose the correct English reading or Japanese reading. The ones you get wrong can be kept and saved for your revision later. You can even make your own files of Kanji specific to your needs. Kanji Gold is very attractive and configurable. Many options are available as to how you view the flash cards. Such as whether or not to view Jukugo Kanji (combined Kanji) or to just concentrate on stand alone Kanji. Overall this is an excellent way to learn, practice and revise Kanji.

Option 1: Version 2.10 W95 and up :

The program comes in one complete file kgold210.exe (2.0MB 10 minutes at 56K). This file is a self-executing install file that will place the program and its supporting files on your hard disk.
# Uninstall the old version from your computer.
# Do not remove the files that the old install program does not remove ( these will be your review files called review.eng etc.)
# When you install the program in the same directory the new version will use the review files that you generated from the old version.
# Download the install file and run it with the Window's Run command.

Option 2: Version 2.10 in Zip format

For those of you who have trouble downloading a big file, here are three Zip files instead. They do not include an install file and so you will have to unzip them into a single directory of your choice and create an icon on your desktop to the kgold.exe file.
kgold1.zip (0.58 MB) contains the program and data files.
kgold2.zip (0.87 MB) contains the graded dictionary files.
kgold3.zip (0.74 MB) contains the large font file.

The Kanji Gold computer program was written by Dr. Denton Hewgill, a mathematics professor by trade, who has an interest in the Japanese martial arts, Kendo and Iaido.

The kanji data bases used in Kanji Gold came from the Japanese word processor JWP written by Stephen Chung. His package contains files from Jim Breen [j.breen@dgs.monash.edu.au http://www.dgs.monash.edu.au/~jwb/] and other sources. JWPce is also available from that website. The help section of the Kanji Gold program gives complete details on the sources of the databases. Note that the files contain more restrictions than in the GNU license.


0 komentar: